Ghana Mengejar dunia tanpa di dasari iman & ketaqwa'an. Sama halnya dengan mengejar bayang-bayang. Dunia Semantara - Akhirat Selamanya

Cara Memperbaiki Baterai Laptop

4 min read

Salah satu tujuan kita membeli laptop pastinya agar bisa digunakan kapan saja. Namun apa jadinya jika baterai laptop rusak dan harus selalu terhubung ke listrik tiap ingin menggunakannya?

Kalian pasti nggak mau kan kayak gitu terus? Tenang, masih ada kok beberapa cara memperbaiki baterai laptop rusak.

Meski begitu, kalian harus tahu dulu penyebab baterai laptop bermasalah. Sehingga solusi yang diambil bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Apa Itu Baterai Laptop?

Apa Itu Baterai Laptop

Baterai laptop merupakan sebuah rangkaian yang berguna untuk menyimpan daya atau energi listrik. Biasanya baterai tersebut terdapat pada bagian dalam laptop.

Manfaat baterai sendiri yakni sebagai penyimpan daya listrik, sehingga laptop akan terus hidup meskipun tidak terhubung langsung dengan arus listrik.

Karena laptop tersebut masih memiliki penyimpanan daya yang ada pada baterai tersebut.

Apa Penyebab Baterai Laptop Rusak?

Sebuah baterai tidak selamanya dapat mengalami keutuhan namun lambat daun pasti baterai akan mengalami kerusakan atau error.

Lantas apa penyebab baterai dapat rusak atau error, berikut salah satu penyebabnya.

  1. Kondisi suhu baterai overheat (Terlalu panas akibat pemakaian yang berlebihan).
  2. Tidak melepas charge baterai saat kapasitas baterai sudah full 100%.
  3. Sering membiarkan kapasitas baterai kosong ketika sudah digunakan/tidak segera di-charge.

Lantas bagaimana cara memperbaikinya?

Kalian dapat menggunakan beberapa cara contoh seperti dibawah ini.

Baca → Cara Memperbaiki Laptop Wifi

Cara Memperbaiki Baterai Laptop

Jika baterai laptop kalian mengalami masalah, jangan buru-baru ganti baterai atau bahkan sampai menjual laptop. Cobalah dulu beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

Masalah paling umum yang sering dialami oleh baterai laptop adalah daya tahannya yang cepat habis padahal baru digunakan sebentar.

Beberapa kasus lain seperti persentase baterai yang selalu 0% meski sudah dicharge juga sering ditemui. Beberapa tips yang bisa kalian gunakan adalah sebagai berikut:

1. Cara Memperbaiki Baterai Laptop: Baterai Laptop yang Bocor

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Baterai Laptop yang Bocor

Cara pertama yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi baterai laptop yang cepat habis atau boros.

Sehingga mengurangi masa pakainya ketika tidak terhubung ke listrik adalah dengan mengikuti cara-cara di bawah ini. Sehingga laptop bisa digunakan lebih lama:

  • Mengatur Daya

Salah satu cara agar kalian bisa menggunakan laptop lebih lama adalah mengatur tingkat konsumsi daya di laptop tersebut. Pengaturannya bisa kalian akses melalui:

  • > Control Panel
  • > Hardware and Sound
  • > Power Option
  • > Pilih Balanced

Selain itu, kalian juga bisa mengaktifkan opsi Power Saver untuk mengurangi performa jika kalian tidak terlalu membutuhkannya.

Settingan ini akan mengurangi kinerja laptop sehingga kebutuhan dayanya akan sedikit berkurang dan baterai menjadi lebih awet.

  • Pengaturan pada Hibernate & Low Battery Option

Pengaturan ini bisa kalian temukan di Control Panel pada kategori Power Options. Jika sudah berada di dalamnya, kalian bisa pilih pada bagian Choose when to turn off the display.

Pada settingan ini, kalian bisa sesuaikan agar penggunaan dayanya seminimal mungkin, seperti mengurangi kecerahan layar, mempercepat waktu yang dibutuhkan layar untuk mati, atau mengatur waktu seminimal mungkin agar laptop masuk mode sleep.

  • Mengkalibrasi Baterai Laptop

Salah satu cara untuk menjaga baterai laptop tetap normal adalah dengan rutin melakukan kalibrasi.

Kalian bisa memulainya dengan mengisi penuh baterai laptop hingga 100%. Kemudian masuk setting baterai menjadi Balanced.

Selanjutnya, masuk ke pengaturan Hibernate & Low Battery Option, lalu ubah settingan Turn off display dan Computer sleep menjadi Never.

Setelah itu, biarkan laptop tetap menyala hingga baterai di laptop tersebut mencapai 0% dan mati dengan sendirinya.

Baca → Cara Memperbaiki Flashdisk Palsu

Terakhir, isi kembali baterai laptop dalam keadaan mati. Jika sudah, kalian bisa menghidupkan kembali laptop yang bersangkutan. Sampai di sini laptop kalian sudah berhasil dikalibrasi.

  • Memasukkan Baterai ke Kulkas

Cara memperbaiki baterai laptop dengan memasukkannya ke kulkas memang merupakan cara lama. Namun di beberapa kasus, cara ini masih cukup efektif dan bisa membuat daya tahan baterai jadi tidak gampang bocor.

Untuk melakukannya, kalian hanya perlu membungkus baterai rapat-rapat di dalam plastik agar air tidak masuk.

Setelah itu, kalian bisa memasukkannya ke dalam kulkas dengan suhu dingin medium hingga maksimum selama 3 – 4 hari.

Jika sudah, keringkan baterai hingga suhunya menjadi normal. Setelah itu, pasang baterai ke dalam laptop dan isi ulang daya dalam keadaan laptop mati.

Untuk melakukan cara ini, pastikan kalian melakukannya pada baterai laptop yang bisa dilepas (removable).

2. Cara Memperbaiki Baterai Laptop: Daya Baterai Tidak Mau Terisi

Cara Memperbaiki Baterai Laptop Daya Baterai Tidak Mau Terisi

Permasalahan pada baterai selanjutnya adalah keadaan baterai yang tidak mengisi meskipun sudah dihubungkan ke listrik.

Biasanya akan ada tulisan 0 available (plugged in not charging). Untuk mengatasinya, kalian bisa ikuti petunjuk berikut:

  • Restart Laptop

Status baterai yang rusak atau stuck terkadang cuma karena masalah bug sesaat. Sebelum melangkah lebih jauh, kalian bisa coba restart laptop lebih dulu.

Caranya, matikan laptop kalian, lalu buka baterai dan adapternya selama 10 detik.

Setelah itu, masukkan kembali baterai, pasang adapter, lalu tekan tombol power selama kurang lebih 30 detik. Restart kembali laptop kalian dan lihatlah apakah baterai sudah normal kembali atau belum.

Di beberapa kasus sih cara ini sudah bisa mengatasi masalah baterai yang tidak terisi.

  • Periksa Kabel Charger

Tidak terisinya daya laptop bisa juga disebabkan karena kabel yang rusak. Kalian bisa mencoba menggunakan charger yang sama untuk laptop lain yang sejenis. Jika berfungsi, berarti masalah ada pada baterai di laptop kalian.

Jika tidak berfungsi, berarti kalian harus ganti kabel charger tersebut dengan yang baru.

Kalian juga bisa membawa kabel charger ke tempat service untuk sekedar menanyakan apakah kabel chargernya masih bisa berfungsi atau tidak.

Laptop yang sering mengalami masalah pada kabelnya sering kali tidak bisa dicharge, meskipun sudah diotak-atik posisi adapternya ataupun penghubungnya.

Permasalahan ini juga ditandai dengan status baterai laptop bertanda x.

  • Install Ulang Driver

Cara memperbaiki baterai laptop berikutnya bisa juga dilakukan dengan menginstal ulang driver.

Caranya:

  • Klik Start Windows
  • Klik kanan Computer
  • Pilih Properties
  • Device Manager.

Di halaman Device Manager, kalian bisa pilih kategori “Batteries”.

Expand kategori tersebut hingga muncul nama drivernya. Pilih Microsoft ACPI-Compliant Control Method battery, klik kanan pada driver tersebut dan pilih “Uninstall”.

Jika sudah, kalian bisa klik tombol Action yang terletak di dalam menu toolbar bagian atas, setelah itu pilih Scan for hardware changes.

Langkah ini akan membuat komputer mendeteksi baterai di laptop kalian dan menginstal kembali drivernya secara otomatis.

  • Periksa Baterai secara Keseluruhan

Lepaskan baterai dari laptop dan periksa semua fisik pada baterai tersebut. Jika terdapat debu yang menempel, maka bersihkan menggunakan kain atau sejenisnya. Hati-hati saat melakukannya agar baterai tetap aman.

Selain itu, kalian juga bisa mengukur tegangan baterai menggunakan multimeter. Pastikan daya yang terdeteksi sama dengan keterangan yang kalian lihat di laptop.

Jika keterangannya tidak sesuai, tentu saja baterai tersebut bermasalah.

Masalah pada baterai juga kerap menimbulkan pesan error berupa peringatan bahwa baterai tidak terdeteksi oleh sistem.

Baca → Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot

Tulisannya biasanya begini, No battery is detected. Oleh karena itu, lakukanlah pengecekan baterai secara berkala.

Beberapa cara di atas bisa dilakukan untuk beberapa merek laptop, seperti Asus, Acer atau laptop Axioo sekalipun.

Hal itu karena permasalahan seperti baterai laptop yang tidak terdeteksi, baterai laptop Asus yang drop, atau baterai laptop Acer yang cepat habis bukanlah permasalahan khusus di laptop tertentu.

Sebelum kalian memutuskan untuk ganti baterai laptop atau bahkan membeli laptop yang baru, sebaiknya kalian coba cara memperbaiki baterai laptop di atas lebih dulu.

Jika cara di atas masih bisa memperbaiki kondisi baterai di laptop, tentu kalian akan jauh lebih hemat dibanding harus beli unit baru.

Ghana Mengejar dunia tanpa di dasari iman & ketaqwa'an. Sama halnya dengan mengejar bayang-bayang. Dunia Semantara - Akhirat Selamanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *