Ghana Mengejar dunia tanpa di dasari iman & ketaqwa'an. Sama halnya dengan mengejar bayang-bayang. Dunia Semantara - Akhirat Selamanya

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total

3 min read

Bagi seorang desainer grafis atau penulis, peran laptop sudah seperti ladang penghasilan baginya sehingga jika laptop sampai mati total tentu saja penghasilannya bisa terancam.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara memperbaiki laptop mati total tanpa harus ke tempat service.

Ada beberapa penyebab mengapa sebuah laptop bisa mati total. Sebenarnya dengan membawanya ke tempat service akan jauh lebih mudah, tetapi ada kalanya memperbaiki laptop mati total bisa kita selesaikan sendiri.

Apa Penyebab Laptop Mati Total?

Penyebab Laptop Mati Total

Penyebab laptop mati total bisa dikarenakan banyak hal, itulah sebabnya kalian perlu tahu penyebabnya lebih dulu sebelum mulai membetulkannya.

Untuk mengetahui cara mengatasinya, kalian bisa lihat ulasan di bawah ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan laptop bisa mengalami mati total:

1.     Laptop Terkena Air

Sudah barang tentu jika benda elektronik seperti laptop akan bermasalah jika terkena air. Bahkan bisa saja laptop yang bersangkutan tidak bisa dinyalakan sama sekali atau mengalami mati total.

Biasanya, komponen yang paling rentan rusak adalah bagian motherboardnya.

Jika beruntung, kalian tidak perlu mengganti komponen motherboard tersebut jika dampak yang ditimbulkan oleh air tidak terlalu besar.

Tapi kalau sampai dampak ketumpahan air membuat komponen motherboard rusak atau korosi, sudah pasti kalian harus menggantinya dengan yang baru.

Baca → Cara Memperbaiki Laptop Wifi

2.     Laptop Terjatuh atau Terguncang

Sebuah laptop terdiri dari banyak komponen elektronik di dalamnya, sehingga jika terjadi guncangan atau bahkan terjatuh dapat menyebabkan beberapa komponennya terlepas.

Kalau komponen yang terlepas cuma beberapa tuts keyboard sih bukan masalah besar.

Tapi bagaimana kalau yang terlepas atau mengalami kerusakan adalah pada bagian pentingnya, seperti motherboard, LCD, dll.

Tentu kalian harus menggantinya dengan komponen yang baru jika kerusakannya cukup parah. Kalau tahu harganya, mending sih beli laptop yang baru saja.

3.     Laptop Mengalami Konslet

Hal selanjutnya yang bisa menyebabkan laptop mati total adalah terjadinya konslet. Kondisi ini dipicu oleh beberapa hal, seperti tidak stabilnya aliran listrik, penggunaan charger yang tidak tepat atau tidak original, adanya cacat pabrik, dll.

Jika sudah begitu, kemungkinan untuk mengganti komponen yang terbakar sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh jika ada indikasi terjadinya konslet pada laptop kalian.

4.     Terjadi Masalah pada Baterai

Kasus laptop yang mati total juga bisa terjadi karena ada masalah pada baterainya. Pada beberapa kasus juga sering ditemui laptop yang tidak bisa dinyalakan karena sebelumnya laptop digunakan sampai baterainya ngedrop.

Jika itu kasusnya, kalian bisa mencharge laptop selama beberapa menit terlebih dahulu sebelum menyalakannya. Namun jika cara tersebut juga tidak berhasil, bisa jadi ada masalah pada baterai atau konektor baterainya.

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total

Dari beberapa penyebab laptop mati total di atas bisa kita gunakan beberapa solusi untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak melalui pembahasan di bawah ini:

1.     Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Kena Air

Kasus laptop terkena tumpahan air bisa dikatakan cukup sering terjadi. Tidak jarang laptop tersebut sampai mengalami mati total. Jika kalian mengalami hal tersebut, cobalah ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Lepas Charger dan Baterai

Jika laptop kalian masih terhubung dengan power supply seperti charger dan baterai, segeralah untuk melepaskannya. Adanya sumber tegangan dapat membuat komponen di dalamnya konslet saat terkena air.

  • Lap Tumpahan Air dengan Kain Kering

Jika kalian melihat bagian dari laptop yang masih basah, segera lap dengan kain yang kering. Hal ini untuk mencegah air merembes ke bagian dalam laptop seperti pada sela-sela keyboard.

  • Balikkan Laptop dan Biarkan Air Keluar

Jika air sempat masuk ke bagian dalam laptop, coba angkat laptop kalian dan buat airnya keluar dengan cara membalikkannya atau memiringkannya. Setelah itu, kalian bisa mengeringkannya selama 1 – 2 jam.

  • Buka dan Bersihkan Laptop Bagian Dalam

Jika air sudah merembes ke dalam, kalian bisa membuka bagian yang bisa dibersihkan, seperti modul Wi-Fi, RAM, hardisk, dll. Dengan begitu, upaya pencegahan laptop atau netbook mati total bisa dilakukan.

Banyak yang bertanya bagaimana cara mengatasi laptop mati total pada merek Dell yang terjatuh. Kalau begitu, langsung saja kita menuju pembahasan berikutnya.

Baca → Cara Memperbaiki Laptop Lemot

2.     Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Dell Terjatuh

Sebenarnya penanganan laptop mati total pada sebagian besar merek akan sama saja, seperti laptop Toshiba, Asus, atau Acer, dll.

Pada kasus ini, kalian harus memastikan bahwa semua komponen laptop tetap terpasang dengan baik, mulai dari LCD, RAM, baterai, hingga motherboard.

Pada motherboard, komponen terdiri dari beberapa jalur. Jika kalian mendapati kerusakan di beberapa jalur, maka motherboard kalian harus diganti dengan yang baru.

Akan tetapi, jika kerusakan hanya pada jalur yang tidak begitu penting, setidaknya laptop kalian masih bisa berfungsi.

Jika kalian tidak begitu mengerti tentang bagian-bagian motherboard, sebaiknya kalian bawa saja laptop tersebut ke tempat service.

Jika dipaksa untuk memperbaiki sendiri tetapi tidak tahu dasar-dasarnya bisa jadi kerusakannya malah tambah parah.

3.     Cara Memperbaiki Mati Total Konslet

Terjadinya konslet pada laptop disebabkan karena adanya hubungan arus pendek. Penyebabnya ada banyak, tapi jika itu terjadi pada kalian, cobalah menggunakan langkah-langkah berikut:

  • Melepas dan Memasang Kembali Komponen

Cobalah untuk melepas dan memasang kembali komponen seperti RAM, modul Wi-Fi, hardisk, dll. Setelah itu pasang kembali dengan posisi yang benar. Pada beberapa kasus, cara ini bisa membuat laptop berfungsi kembali.

  • Lihat Bagian Motherboard

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa motherboard adalah bagian yang sangat vital pada laptop. Cobalah periksa bagian ini dengan hati-hati, pastikan kalian memiliki pemahaman tentang komponen ini sebelum melakukannya.

  • Menggunakan Power Supply

Dengan bantuan alat ini, kalian bisa menemukan komponen mana yang bermasalah sehingga penanganan selanjutnya akan lebih mudah. Namun, kalian juga harus memiliki kepekaan yang baik jika ingin berhasil.

4.     Cara Memperbaiki Laptop Mati Total Baterai Bermasalah

Jika baterai laptop kalian bermasalah, cobalah untuk mengetesnya dengan cara melakukan charge selama beberapa menit. Biasanya, baterai yang digunakan sampai 0% akan membutuhkan charge lebih lama sampai bisa dinyalakan.

Jika laptop tidak mau hidup yang biasanya ditandai dengan lampu indikator tidak menyala, cobalah untuk melepaskan baterai tersebut.

Kemudian hubungkan charger langsung ke laptop. Jika menyala, berarti baterainya memang bermasalah dan butuh ganti baru.

Baca → Cara Memperbaiki Speaker Laptop

Jika laptop kalian menggunakan baterai tanam, kemungkinan besar cara ini akan sulit bahkan tidak bisa dilakukan sehingga kalian sebaiknya membawa laptop ke tempat service.

Laptop mati total memang membuat banyak pekerjaan jadi terbengkalai. Namun, di beberapa kondisi, cara memperbaiki laptop mati total masih bisa diupayakan.

Jika permasalahan laptop mati total sudah tidak bisa diupayakan sendiri, maka kalian bisa membawanya ke tempat service saja.

Ghana Mengejar dunia tanpa di dasari iman & ketaqwa'an. Sama halnya dengan mengejar bayang-bayang. Dunia Semantara - Akhirat Selamanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *