Ghana Mengejar dunia tanpa di dasari iman & ketaqwa'an. Sama halnya dengan mengejar bayang-bayang. Dunia Semantara - Akhirat Selamanya

Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi Mudah & Cepat

4 min read

Apa jadinya jika Wi-Fi di laptop tiba-tiba rusak dan nggak bisa dipakai? Tentu banyak pekerjaan jadi terganggu bukan?

Sebagai contoh, kalian jadi nggak bisa berkirim email, downlod/upload file, browsing, dll. Untuk itu, kalian perlu tahu cara memperbaiki laptop Wi-Fi yang rusak.

Adanya masalah pada Wi-Fi laptop bisa disebabkan karena banyak hal, sehingga kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dulu sebelum memperbaikinya.

Jika Wi-Fi di laptop kalian sedang mengalami masalah, coba ikuti beberapa petunjuk berikut untuk mengatasinya.

Apa Itu Laptop Wi-fi?

Laptop wifi merupakan salah satu software penting yang terdahap pada setiap sistem laptop atau PC (Personal Computer), dan sistem ini memiliki fungsi untuk menghubungkan jaringan internet tanpa menggunakan kabel.

Sehingga dengan demikian Laptop atau pc dapat digunakan sesuai keperluan. Jadi dengan begitu adanya sistem laptop wifi memang sangat penting adanya.

Penyebab Laptop Wi-fi Hilang

Adapun penyebab wifi yang hilang di laptop, bisa jadi dikarenakan driver yang bermasalah, sistem Windows yang error atau router yang rusak.

Jika memang demikian maka kalian harus segera mengeceknya, biasanya dari komponen tersebutlah yang yang penyebab umumnya.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa cara-caranya.

Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi

Jika terjadi masalah pada Wi-Fi baik pada Windows 7 maupun Windows 10, biasanya akan ada peringatan pada ikon Wi-Fi di sudut kanan bawah layar.

Beberapa masalah yang sering terjadi dan juga cara mengatasinya bisa kalian lihat pada ulasan berikut:

1. Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi: Mengaktifkan Pengaturan IP dan DNS Otomatis

Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi Mengaktifkan Pengaturan IP dan DNS Otomatis

Salah satu penyebab Wi-Fi laptop tidak berfungsi adalah karena pengaturan pada jaringan internet yang tidak tepat sehingga sinyal Wi-Fi tidak terdeteksi.

Dengan mengubahnya menjadi otomatis, permasalahan harusnya sih udah bisa diatasi. Untuk melakukannya, kalian bisa ikuti petunjuk berikut:

  • Pertama, kalian harus menuju halaman pengaturan jaringan dengan cara klik pada ikon Wi-Fi di sudut kanan bawah, lalu klik “Open Network and Sharing Center”.
  • Selanjutnya, halaman pengaturan jaringan Open Network and Sharing Center akan terbuka. Pilih opsi “Change Adapter Settings” yang bisa kalian temukan di menu sebelah kiri.
  • Setelah itu, pilih “Wireless Network Connection”, lalu klik “Properties”.
  • Di sana, kalian akan menemukan beberapa pilihan item terkait jaringan Wi-Fi. Selanjutnya, silakan double-click pada Internet Protocol version 4 (TCP/Ipv4).
  • Lihat pengaturan IP yang ada di situ, apakah masih diatur secara manual atau sudah otomatis? Silakan pilih opsi “Obtain and IP Address Automatically” dan juga “Obtain DNS Server Address Automatically” jika pengaturannya masih manual.
  • Cara ini akan membuat Wi-Fi mencari pengaturan IP address dan juga DNS secara otomatis.

2. Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi: Mengubah Saluran Wi-Fi

Cara mengatasi permasalahan Wi-Fi berikutnya adalah dengan melakukan perubahan pada saluran Wi-Fi.

Biasanya sih saluran Wi-Fi ini sudah diatur secara default, tetapi jika terjadi masalah bisa saja settingan awalnya akan berubah. Untuk itu, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke Device Manager dengan cara klik Start Windows > Klik kanan pada Computer > Pilih Properties > Pilih opsi Device Manager di sisi sebelah kiri.
  • Selanjutnya, kalian akan masuk ke halaman Device Manager.
  • Klik pada bagian bernama Network Adapter, lalu pilih driver Wi-Fi yang terinstal di laptop kalian.
  • Setelah itu, klik kanan pada driver tersebut, lalu pilih “Properties”.
  • Di bagian atas pilih tab “Advanced”, kemudian pada bagian Value pilih “Disabled”.
  • Jika sudah, silakan keluarkan semua Windows dan restart laptop kalian.
  • Setelah laptop kembali menyala, cobalah untuk menghubungkan ke jaringan Wi-Fi yang bisa diakses.

Baca → Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot

3. Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi: Driver Wi-Fi Bermasalah

Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi Driver Wi-Fi Bermasalah

Apa kalian pernah melihat tanda silang pada ikon Wi-Fi di laptop? Bisa jadi itu karena driver Wi-Fi yang bermasalah.

Jika permasalahan terjadi pada driver Wi-Fi yang terinstal di laptop, sudah tentu kalian harus menginstal ulang driver tersebut agar bisa kembali berfungsi.

Sebelum melakukan instal ulang driver, sebaiknya siapkan dulu driver Wi-Fi yang cocok untuk laptop kalian. Kalian bisa memanfaatkan aplikasi Driverpack Solution.

Aplikasi ini akan membantu kalian menemukan driver yang dibutuhkan setelah memasukkan informasi seri laptop yang digunakan.

Jika sudah, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstal ulang driver Wi-Fi di laptop:

  • Buka halaman Device Manager dengan cara klik Start Windows > Klik kanan pada Computer > Pilih Properties > Pilih Device Manager di menu sebelah kiri.
  • Pada halaman Device Manager, pilih “Network Adapter”. Di situ kalian akan menemukan driver Wi-Fi yang digunakan oleh laptop kalian.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver tersebut, lalu pilih “Uninstall”.
  • Jika sudah, kalian bisa restart kembali laptop kalian.
  • Jika laptop sudah menyala, langsung instal driver Wi-Fi yang sudah kalian siapkan sebelumnya.
  • Tunggu proses instalasi selesai dan cobalah untuk menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi di sekitar. Jika berhasil, maka masalah Wi-Fi tidak bisa terhubung sudah tidak ada lagi.

4. Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi: Mereset Koneksi Wi-Fi Lewat CMD

Jika status Wi-Fi sudah terhubung tetapi koneksinya lemot parah, bisa jadi kondisi jaringannya emang lagi jelek. Biasanya hal ini akan ditunjukkan dengan status koneksi Limited Access.

  • Buka software Command Prompt (CMD).
  • Selanjutnya, masukkan perintah berikut ini di dalam CMD “netsh winsock reset catalog”, kemudian klik “Enter”.
  • Jika sudah, masukkan perintah berikutnya “netsh int ipv4 reset reset.log”, lalu “Enter”.
  • Selanjutnya, keluarkan semua Windows dan restart laptop kalian.
  • Setelah laptop kembali menyala, coba koneksikan kembali Wi-Fi laptop kalian dengan jaringan yang ada di sekitar.
  • Cara sederhana ini terkadang cukup efektif untuk mengatasi masalah Wi-Fi laptop yang tidak bisa connect.

5. Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi: Restart Router

Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi Restart Router

Cara yang nggak ribet berikutnya tanpa harus mengotak-atik CMD, melakukan instal ulang driver atau hal-hal merepotkan lainnya adalah dengan merestart router Wi-Fi.

Di beberapa kasus sih masalah ini kerap menjadi kambing hitam. Bisa jadi masalah yang sama juga terjadi sama kalian.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kan mencoba cara ini? Untuk melakukannya cukup mudah, kalian hanya perlu merestart router Wi-Fi yang ada di rumah kalian dengan cara klik tombol power pada router, lalu tekan tombol yang sama untuk menghidupkannya kembali.

Setelah proses restart selesai dilakukan, kalian bisa kembali ke laptop untuk menghubungkan kembali ke jaringan yang baru saja direstart.

Tunggu sampai Wi-Fi yang bersangkutan muncul karena memang sedikit lama. Jika sudah muncul, kalian bisa menghubungkannya kembali.

Baca → Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Palsu

6. Cara Memperbaiki Laptop Wi-Fi: Reconnect Wi-Fi

Cara ini hampir sama dengan cara nomor 4 di atas, yaitu dengan reconnect jaringan Wi-Fi. Bedanya, cara ini lebih simpel lagi dengan hanya melakukan langkah-langkah kecil berikut ini:

  • Pertama, klik ikon sinyal Wi-Fi yang ada di sudut kanan bawah layar Windows kalian.
  • Setelah itu, klik “Disconnect” jika laptop kalian sudah terhubung ke salah satu jaringan. Kemudian klik “Connect” di jaringan yang sama.
  • Kalian bisa mengulangi cara ini beberapa kali sampai koneksi stabil dan bisa digunakan untuk berselancar di internet.
  • Jika laptop gagal dihubungkan ke Wi-Fi yang bersangkutan, biasanya ditunjukkan dengan adanya tanda seru atau tanda jaringan putus.

Keenam cara memperbaiki laptop Wi-Fi bisa diterapkan di laptop apapun selama OS yang kalian gunakan adalah Windows 7, 8, ataupun 10.

Jadi, meskipun laptop kalian Acer atau Asus sekalipun, penanganannya tetap sama. Kecuali kalian menggunakan Macbook, tentu penanganannya berbeda.

Ghana Mengejar dunia tanpa di dasari iman & ketaqwa'an. Sama halnya dengan mengejar bayang-bayang. Dunia Semantara - Akhirat Selamanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *