Ghana Mengejar dunia tanpa di dasari iman & ketaqwa'an. Sama halnya dengan mengejar bayang-bayang. Dunia Semantara - Akhirat Selamanya

Cara Memperbaiki Speaker Laptop

3 min read

Salah satu kerusakan yang sering dialami oleh speaker laptop adalah output suara yang pecah. Apalagi jika volume suaranya dibuat maksimal.

Kalau sudah begitu, apakah ada cara memperbaiki speaker laptop tersebut? Jawabannya adalah ada dan akan kita bahas di artikel kali ini.

Error pada speaker laptop tidak hanya karena hardware yang bermasalah, tetapi adanya masalah software juga mungkin terjadi.

Untuk itu, kalian harus memastikan terlebih dulu permasalahan apa yang terjadi pada speaker laptop kalian.

Apa Penyebab Speaker Laptop Pecah atau Bunyi Kresek?

Apa Penyebab Speaker Laptop Pecah atau Bunyi Kresek

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan speaker di laptop kalian pecah atau speaker yang suaranya kecil. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak artikel ini.

Dari pengalaman yang pernah saya temui, hal-hal yang sering mengakibatkan kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

1.     Sering Memaksimalkan Volume

Jika kalian sering mengatur volume suara di laptop hingga maksimal, maka lambat laun speaker tersebut bisa jadi pecah.

Hal ini membuat suara yang dihasilkan jadi kemresek dan membuatnya tidak nyaman lagi didengar.

Memang sih pihak vendor tidak melarang penggunanya untuk menggunakan volume speaker sampai maksimal.

Tapi ada beberapa video yang produksi audionya sudah cukup keras sehingga bila ditambah volume laptop yang maksimal, suaranya jadi terlalu keras.

Baca → Cara Memperbaiki Laptop Wifi

2.     Speaker Tersumbat/Tertutup

Jika speaker tersumbat atau tertutup oleh benda tertentu, maka membran di speaker tersebut dapat bergetar terlalu kuat di dalam. Akibatnya, membran akan kendor dan membuat suara yang dihasilkan jadi pecah.

Untuk itu, pastikan speaker di laptop kalian memiliki saluran udara yang longgar sehingga saat suara dihasilkan tidak ada yang tertutup atau tersumbat.

3.     Speaker Terkena Benturan

Jika terjadi benturan pada laptop seperti saat terjatuh, maka bagian yang bisa mengalami dampaknya adalah speaker.

Jika komponen pada speaker bergeser, bukan tidak mungkin hal itu bisa membuat speaker tidak berusara atau bahkan speaker laptop mati.

4.     Masalah Driver Audio di Laptop

Penyebab yang keempat adalah adanya masalah pada driver audio di laptop kalian sehingga output suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan seharusnya.

Hal ini bisa terjadi akibat adanya kesalahan dalam proses pengaturan atau terjadinya file yang corrupt.

Bagaimana Cara Memperbaiki Speaker Laptop?

Seperti disinggung sebelumnya, speaker laptop yang rusak sering kali menyebabkan output suara yang dihasilkan menjadi pecah, bahkan tidak sedikit yang sampai menghilangkan suara sama sekali.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kalian bisa lihat pembahasan berikut:

Kondisi satu ini pasti sering sekali kalian temui kan?

Biasanya saat volume suara dibuat maksimal, suara speaker di laptop akan pecah dan tidak nyaman didengar. Jika hal ini yang terjadi, maka cara berikut bisa kalian terapkan:

1.     Install Ulang Driver

Cara memperbaiki speaker laptop yang pertama adalah dengan menginstal ulang driver audio di laptop kalian.

Cara ini lebih mudah karena tidak perlu membongkar laptop hanya untuk mengecek kondisi fisik dari speaker yang bermasalah.

Caranya, kalian hanya perlu mengenali seri laptop kalian, lalu cari file driver audio laptop tersebut di situs resmi vendor dari laptop yang kalian gunakan.

Setelah itu, kalian hanya perlu uninstall driver di laptop yang digunakan, lalu install kembali menggunakan file yang baru saja kalian download tadi.

2.     Melakukan Pengaturan Audio di Laptop Windows 10

Meskipun cara ini berdasarkan pengalaman saya di Windows 10, tetapi kalian bisa juga mempraktikannya di laptop Asus Windows 7, atau laptop Acer Windows 8, atau sebagainya karena secara umum pengaturannya tidak jauh berbeda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Lihat ikon speaker di sudut kanan bawah desk Klik kanan pada ikon tersebut, lalu pilih Open Volume Mixer.
  • Setelah itu klik kategori Device Speakers.
  • Tidak lama menu pengaturan speaker akan terbuka. Ada beberapa pilihan tab di sana, langsung saja klik pada tab Levels, kemudian pilih Balance. Jika salah satu speaker pecah, kalian bisa mengubah levelnya ke nol (0). Tinggal kalian sesuaikan saja.
  • Jika suara terlalu keras membuat hasilnya pecah, maka kalian bisa turunkan levelnya sampai suara yang dihasilkan cukup jernih.
  • Setelah itu, klik OK.

3.     Bersihkan Saluran Speaker

Cara memperbaiki speaker laptop yang rusak berikutnya bisa dengan membersihkan salurannya.

Speaker yang tersumbat salurannya akan menghasilkan suara yang kecil atau bahkan malah pecah. Kalian perlu membongkar bagian speakernya terlebih dahulu untuk melakukannya.

Kasus seperti ini biasanya diakibatkan oleh banyaknya debu atau endapan yang terdapat di saluran speaker.

Untuk melakukannya, kalian bisa menggunakan tisu, kuas kecil, atau kain bersih.

4.     Bawa ke Tempat Service

Udah deh, kalo memang kerusakannya terlalu mendetail dan terjadi pada komponen-komponen di dalam speaker itu sendiri, percayakan saja penanganannya pada ahlinya.

Kalian bisa membawanya ke service center atau tempat service elektronik di sekitar tempat tinggalmu.

Bisa jadi memang ada kerusakan pada kabel atau komponen di sekitarnya yang sebenarnya masih bisa diperbaiki.

Daripada dipaksakan untuk diperbaiki sendiri tapi ujung-ujungnya malah rusak dan harus ganti kan jadi repot sendiri.

Baca → Cara Memperbaiki Laptop Mati Total

5.     Gunakan Speaker Eksternal

Jika speaker laptop milikmu rusak bahkan hilang, sebaiknya gunakan saja speaker eksternal yang kualitasnya bahkan lebih bagus. Misalkan saja kalian punya laptop Asus yang suaranya hilang, kalian bisa menggantinya dengan speaker eksternal yang lebih bertenaga.

Merek-merek seperti Simbada, Edifier atau JBL bisa kalian pilih untuk menghasilkan output audio berkualitas. Kalian juga bisa menggunakan earphone atau headset jika harus bepergian membawa laptop yang bersangkutan.

Tips Agar Speaker Laptop Tidak Cepat Rusak

Tips Agar Speaker Laptop Tidak Cepat Rusak

Beberapa tips berikut bisa kalian terapkan agar speaker di laptop kalian tidak cepat rusak:

  1. Jangan menggunakan volume terlalu keras. Kalian bisa memaksimalkan volume jika memang output audio yang dihasilkan terlalu kecil.
  2. Jauhkan benda-benda yang mengandung magnet dari speaker di laptop kalian. Seperti kita tahu, bahwa speaker memiliki komponen magnet di sekitarnya. Untuk itu, agar tidak terjadi masalah sebaiknya kalian hindari benda-benda magnetik tersebut.
  3. Jaga lubang speaker dari debu. Debu yang menumpuk bisa mengakibatkan suara speaker tersumbat dan menyebabkan suaranya jadi kecil bahkan pecah. Untuk itu, jangan taruh laptop di tempat-tempat yang mengandung banyak debu.
  4. Jauhkan laptop dari radiasi sinyal ponsel. Radiasi pada ponsel bisa membuat speaker laptop berdengung terutama saat melakukan panggilan telepon atau SMS.
  5. Hindari laptop mengalami guncangan. Salah satu komponen yang rentang mengalami kerusakan saat terjadi guncangan pada laptop adalah speakernya. Biasanya hal itu terjadi lantaran kabel speaker ada yang terlepas atau bergeser.

Baca → Cara Memperbaiki Flashdisk Palsu

Jika masih bisa diupayakan, kalian bisa menggunakan beberapa cara memperbaiki speaker laptop yang ada di atas.

Biar bagaimanapun, laptop yang masih berfungsi seluruh komponennya akan jauh lebih praktis dibanding harus menggunakan komponen tambahan untuk menggunakannya.

Ghana Mengejar dunia tanpa di dasari iman & ketaqwa'an. Sama halnya dengan mengejar bayang-bayang. Dunia Semantara - Akhirat Selamanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *